Membuat Efek Bayangan Air Pada Foto

Written By MaYaK on Saturday, March 26, 2011 | Saturday, March 26, 2011

Saya yakin anda telah melihat banyak tutorial yang menggambarkan proses menciptakan refleksi atau bayangan sederhana pada latar belakang yang sederhana. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana untuk menempatkan teknik bayangan air pada suatu objek gambar dengan Photoshop.

Langkah 1

Cari Background yang sesuai, saya memakai background air di bawah ini.

background

Langkah 2

Gambar anak kecil ini yang akan saya buat menjadi bayangan diatas air. Gambar ini sudah saya paths, sehingga memudah kan untuk proses panggabungan ke background di atas.

anak kecil

Langkah 3

Pindahkan gambar anak ke dalam background dengan Move tool, dan sesuaikan letak dan tempatnya sesuai porsinya.

background air

Langkah 4

Duplicate gambar anak, Layer ini yang akan dijadikan reflection bayangan. Kemudian Edit -> Transform -> Flip Vertical. Dan atur besar kecilnya dengan cara Edit -> Transform -> Scale.

Reflection

Langkah 5

Ubah opacitinya menjadi 50 % dan Blending Mode : multiply.

multiply

Langkah 6

Lakukan teknik Match Color pada kedua gambar anak, baik yang asli maupun yang refleksi/bayangannya. Cara nya ada pada posting sebelumnya. Match Color.

Match Color

Kita akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini :

Match Color

Langkah 7

Aktiflah pada layer background. Kemudian gunakan Elliptical Marquee tool.



Langkah 8

Filter -> Distort -> ZigZag.



Langkah 9

Kita akan mendapatkan hasil seperti ini. Gambar dan bayangan di atas air.

bayangan air




0 comments:

Post a Comment