Asal - Usul Kartu Remi

Written By MaYaK on Wednesday, March 16, 2011 | Wednesday, March 16, 2011

Kita sebagai pesulap, tidak asing dengan kartu remi, seperti : Bicyce, TaLyHoo, Aviator, Bee, dll. Tapi, apakah selama kita menggeluti dunia sulap, kita sudah mengenal dan tahu betul maksud - maksud dan sejarah kartu remi? Untuk lebih memperdalam, tim TheSimplyMagic sudah mencoba mendalami tentang "KARTU REMI" ini.

Sebenarnya, kartu yang kita pakai sekarang ini adalah kartu remi INGGRIS. Karena itu, kita menyebut nama-nama dalam kartu kita seperi JACK (J), QUEEN (Q), KING (K), dan ACE (A). Di tiap satu set kartu remi, tada sekitar 52 kartu yang terdiri dari 13 kartu waru (Spades), 13 kartu keriting (Clubs), 13 kartu hati (Hearts), dan 13 kartu wajik (Diamond), itu belum ditambah beberaapa kartu joker di dalamnya.
Selain jenis kartu INGGRIS, masih ada lagi jenis-jenis kartu remi lainnya dari negara lain, seperti PERSIA, EROPA, CINA, MESIR, dll. Perbedaan kartu-kartu tersebut ada banyak, mulai dari jumlah kartu tiap set-nya, bentuknya, siimbolnya, gambar-gambarnya, dll.
Jika ditanya kapan kartu remi pertama kali dibuat??Jawabannya, pasti setelah kertas dibuat.
Kertas dibuat pertama kali oleh bangsa CINA, untuk lebih menguatkan fakta tersebut. Saat kartu pertama kali dibuat, fungsinya bukan untuk dibuat bermain sulap, poker, dll, tapi kepada upacara seremonial, meramal, meditasi, dll.

Di bawah ini ada beberapa fakta seputar kartu remi :
  1. Dalam satu set kartu remi INGGRIS, terdapat 52 kartu yang melambangkan jumlah banyaknya minggu dalam satu tahun.
  2. Perhitungan 5 + 2 = 7,7 yang diartikan sebagai jumlah hari dalam satu minggu.
  3. Satu tahun di benua Erpa memiliki 4 musim, dalam kartu remi dilambangkan dalam :
    * WARU (SPADES) = MUSIM DINGIN
    * HATI (HEARTS) = MUSIM GUGUR
    * WAJIK (DIAMONDS) = MUSIM SEMI
    *KERITING (CLUBS) = MUSIM PANAS
  4. Dalam satu lambang, terdapat 13 kartu remi,yang dilambangkan sebagai jumlah minggu dalam satu musim di benua Eropa.
  5. Warna merah : Siang
    Warna hitam : Malam
  6. Angka-angka tiap kartu remi,bila dijumlahkan semua menghasilkan angka 364, yang diartikan sebagai jumlah hari dalam satu tahun.

Itulah fakta-fakta unik dalam kartu remi. Lalu, bagaimana dengan King yang berbeda-beda?Apakah dibuat tanpa maksud? TIDAK!Semua itu memiliki arti, berikut penjelasannya :

King of Spades (Raja WARU) : Raja Daud
King of Hearts (Raja HATI) :Raja Salomo
King of Clubs (Raja Keriting) : Raja Alexander Agung
King of Diamonds (Raja WAJIK) : Raja Julius Caesar

Lalu, cermati gambar-gambar dalam tiap kartu "KING", maka anda akan menemukan kejanggalan dalam gambar KING OF HEARTS. Dalam gambar tersebut, raja Salomo memegang pedang dan menancapkannya ke kepalanya sendiri. Menurut informasi yang tim TheSimplyMagic miliki, raja Salomo mati bunuh diri karena kalah perang saat melawan raja Alexander Agung.

King Hearts

King Spades

Itulah semua sejarah dan fakta-fakta unik seputar kartu remi,semoga berguna bagi anda.


(http://thesimplymagic.blogspot.com)

0 comments:

Post a Comment